Camat Dunhil Hadiri Acara Sosialisasi Pemilu ke II pada Pilkada Tahun 2024

Dusun Hilir, 13 Oktober 2024 – Camat Dusun Hilir, Bapak Eko Hermansyah, S.STP., M.M. menghadiri acara Sosialisasi Pemilu ke II yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Dusun Hilir. Acara ini merupakan  bagian dari rangkaian persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Wakapolsek Dusun Hilir, anggota Danramil 1012-08 Dusun Hilir, Damang Dusun Hilir, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, perwakilan Partai Politik, Pemilih Pemula serta Panitia Pengawas Pemilu  Kecamatan Dusun Hilir.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai tahapan, tata cara, dan pentingnya partisipasi dalam pemilu yang akan datang.

Ketua Panwascam Dusun Hilir dalam sambutannya memberikan penjelasan mengenai upaya pencegahan pelanggaran pemilu dan pentingnya pengawasan oleh masyarakat. “Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemilu demi terciptanya demokrasi yang bersih dan transparan,” ucap M. Ridwan.

Kemudian Camat Dusun Hilir juga menyampaikan bahwa “peran masyarakat  baik sebagai pemilih maupun sebagai pengawas, sangat dibutuhkan. Saya berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang jelas kepada kita semua tentang pentingnya pengawasan dalam Pilkada, bagaimana prosedur pengawasan yang harus dilakukan, dan bagaimana kita semua bisa berperan aktif dalam menjaga kelancaran Pilkada.

Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah ini, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, hingga seluruh lapisan warga, untuk turut serta mengawasi jalannya Pilkada, agar dapat berlangsung dengan damai, bersih, dan berintegritas,” kata Eko.

Acara sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber, yang mewakili dari Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir dan Anggota Panwaslu Kecamatan Dusun Hilir. Materi pertama akan disampaikan oleh:

  1. Bapak M. Ridwan S.P selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Dusun hilir, yang akan menyampaikan materi dengan judul “Tata Kelola Pengawasan Menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati Barsel tahun 2024.”
  2. Bapak Eko Hermansyah, S.STP., M.M. selaku Camat Dusun Hilir, yang menyampaikan materi dengan judul “Peran Pemerintah Daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024”

Moderator: Bapak Ibno Yakin S.Pd

Selain itu para peserta juga diberikan  kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan narasumber, sehingga mereka dapat lebih memahami materi yang disampaikan.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, terutama mengenai teknis pelaksanaan pemilu dan cara melaporkan pelanggaran.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 akan meningkat, serta pelaksanaan pemilu di Kecamatan Dusun Hilir dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan narasumber.