SISTEM INFORMASI ANDALAN PELAYANAN PUBLIK KECAMATAN DUSUN HILIR (SIAPP KEDUNHIL)
1.RANCANG BANGUN
Memberikan pelayanan publik yang prima merupakan tujuan setiap pemerintah daerah. Pemerintah daerah saat ini berlomba-lomba menerapkan dan memanfaatkan kemajuan tekhnologi informasi untuk dapat membantu mewujudkannya. Pemanfaatan tekhnologi informasi tersebut mencakup aktivitas yang saling berkaitan yaitu pengolahan data, pengolahan informasi dan sistem manajemen. Perkembangan tekhnologi informasi serta penerapan konektivitas internet ke dalam tata kelola pemerintah diharapkan mampu mengatasi berbagai macam persoalan melalui peningkatan efisiensi, inovasi, produktivitas, perluasan jangkauan dan penghematan biaya.
Pelayan publik yang prima bukan sekedar mengikuti trend global, melainkan diarahkan untuk mewujudkan good governance, yakni tata pemerintahan yang baik, transparansi serta akuntabilitas dalam proses pemerintahan. Penerapan tekhnologi informasi juga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang efektif serta efisien terhadap masyarakat, tentu ini merupakan langkah yang strategis.
Penerapan tekhnologi informasi dalam meningkatkan pelayanan publik juga memberikan peluang yang sangat besar bagi pengembangan daerah. Dimana daerah dapat menggunakan tekhnologi informasi untuk mempermudah proses pelayanan, memperkenalkan potensi daerah, serta meningkatkan interaksi dengan masyarakat.
Sistem Informasi Pelayanan Publik adalah rangkaian kegiatan yang meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara kepada masyarakat dan sebaliknya dalam bentuk lisan maupun tulisan Latin, tulisan dalam huruf Braile, bahasa gambar dan/atau bahasa lokal, serta disajikan secara manual ataupun elektronik.
Sistem Informasi Andalan Pelayanan Publik Kecamatan Dusun Hilir yang selanjutnya disingkat SIAPP KEDUNHIL adalah layanan informasi publik satu pintu secara daring dan dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah, cepat, akurat dan akuntabel. Informasi yang ditampilkan merupakan informasi yang disediakan dan perbaharui langsung oleh admin SIPP di lingkungan Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar Pelayanan Publik di Kecamatan Dusun Hilir. Selain itu, masyarakat juga dapat berkomunikasi secara langsung dengan admin SIPP Kecamatan Dusun Hilir secara dua arah.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional, Kecamatan Dusun Hilir wajib memastikan penyediaan informasi pelayanan publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-unangan.
2. TUJUAN INOVASI DAERAH
Memberikan informasi seputar Pelayanan Publik Kecamatan Dusun Hilir kepada masyarakat secara cepat, akurat dan efisien.
3. KEUNGGULAN INOVASI
Masyarakat mampu mendapatkan informasi seputar Pelayanan Publik dengan lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional yang mengharuskan masyarakat untuk datang langsung ke Kecamatan Dusun Hilir.
4. MANFAAT YANG DIPEROLEH
- Masyarakat mendapatkan informasi yang cepat, akurat dan efisien;
- Mengurangi beban transport masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan seputar pelayanan publik dibandingkan harus datang langsung ke Kantor Kecamatan Dusun Hilir.
5. HASIL INOVASI
Tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang baik sudah sangat mendesak untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah. Salah satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi online antar instansi pemerintah dengan masyarakat untuk mengakses informasi terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik. Adanya inovasi SIAPP KEDUNHIL di Kecamatan Dusun Hilir mampu memberikan kemudahan kepada masyarakat terhadap kebutuhan informasi seputar pelayanan publik yang ada di Kantor Kecamatan Dusun Hilir.
Untuk lebih lengkapnya Silakan Klik Tautan di bawah ini: