Barsel Mendunia, Camat Dusun Hilir Apresiasi Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan yang Harumkan Nama Kabupaten Barito Selatan dengan Gelar Juara Dunia

DUNHIL (03/09/24) – Camat Dusun Hilir Bapak Eko Hermansyah, memberikan apresiasi tinggi kepada Tim Seni Budaya Pemkab Barsel serta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan dari Kabupaten Barito Selatan yang berhasil meraih gelar juara dunia pada ajang World Championship of Folklore XIV di Nessabar, Sunny Beach, St. Vlas, Bulgaria yang berlangsung sejak tanggal 28 Agustus – 1 September 2024. Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama sanggar, tetapi juga membawa nama Kabupaten Barito Selatan dikenal di kancah internasional.

Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan dinobatkan sebagai Absolute World Championship of Folklore XIV for 2024, sekaligus meraih Juara Dunia (Juara I) dalam ajang World Championship of Folklore XIV tersebut.

Eko menyampaikan rasa bangganya kepada para penari yang telah berjuang keras membawa pulang trofi bergengsi tersebut. “Prestasi yang diraih oleh Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan ini adalah bukti bahwa budaya Kabupaten Barito Selatan mampu bersaing dan diakui ditingkat dunia. Saya sangat bangga dan terharu dengan dedikasi serta kerja keras para penari dan pelatih,” ujarnya.

Pencapaian prestasi terbaik ini merupakan buah kerja keras Pj. Bupati Barsel & Ketua TP-PKK Kab. Barsel yg didukung oleh Pak Sekda, Para Asisten, Kadis Poraparbud, seluruh jajaran Pemkab Barsel, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ketua dan Anggota DPRD Barsel, Unsur Forkopimda, beserta seluruh masyarakat Barsel.

Ketua TP-PKK Kab. Barsel Hj. Erna Ardiani Deddy Winarwan juga menjadi salah satu penari dalam beberapa penampilan. Kehadiran Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan dalam rangka mewakili Indonesia berdasarkan Surat Undangan dari Director of European Association of Folklore Festivals (EAFF) bekerjasama dengan World Association of Folklore Festivals (WAFF).

Tim Seni Budaya Pemkab Barsel beserta Sanggar Tari Ranu Mareh Mabuan yang terdiri dari 13 penari, 5 pemusik tradisional, ketua tim, dan delegasi menampilkan beberapa Tarian Tradisional antara lain Tari Wadian Dadas, Tari Wadian Bawo, Tari Wurung Tiung, Tari Wurung Juwe, Tari Gunung Perak, Tari Bulat, Tari Apai Lawai serta Tari Rakyat.

Tim Seni Budaya Barito Selatan saat di Bulgaria.

Kompetisi ini diikuti oleh beberapa negara yang mewakili 4 benua, yakni Benua Eropa terdiri dari Negara Italia, Inggris, Portugal, Rusia, Jerman, Polandia, Rumania, Serbia, Republik Ceko, Turki, Armenia, Belarusia, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Estonia, Georgia, Yunani, Hungaria, Latvia, Lithuania, Moldova, Montenegro, Makedonia Utara, Slovakia, dan Ukraina.

Untuk Benua Asia diikuti oleh Negara Indonesia, Korea Selatan, China, Thailand, Malaysia, Azerbaidjan, India, Iran, Kazakhstan, Mongolia, Philippina, dan Uzbekistan. Untuk Benua Amerika diikuti oleh Negara Kanada dan Bolivia serta untuk Benua Afrika yakni diwakili oleh Negara Tanzania.