Mascapai Dunhil Ikut Serta Meriahkan Pawai 17an di Buntok

Dunhil –  Minggu, 18 Agustus 2024. Mascapai Dunhil ikut serta memeriahkan dan menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti pawai peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari jadi ke-65 Kabupaten Barito Selatan. Sejak pagi hari, ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kelompok masyarakat, organisasi, dan sekolah, berkumpul di Stadion Batuah Buntok untuk bersiap memeriahkan acara tahunan ini.

Dengan semangat patriotisme, peserta pawai tampil dalam beragam kostum kreatif yang mencerminkan budaya lokal dan nasional. Ada yang mengenakan pakaian adat daerah, seragam sekolah, hingga kostum bertema perjuangan kemerdekaan. Tidak hanya itu, hiasan kendaraan yang ditumpangi peserta juga tidak kalah menarik, dengan dekorasi bernuansa merah putih yang mendominasi.

Rute pawai yang mengelilingi Buntok diwarnai dengan sorak sorai penonton yang berjejer di sepanjang jalan. Anak-anak sekolah dengan semangat mengibarkan bendera merah putih kecil, sementara warga lainnya memberikan dukungan penuh kepada peserta.

Kemeriahan semakin terasa ketika berbagai atraksi ditampilkan oleh peserta pawai, seperti tari-tarian tradisional, penampilan grup drum band, hingga aksi teatrikal yang menggambarkan perjuangan para pahlawan. Setiap penampilan mendapatkan aplaus meriah dari penonton, yang turut merasakan kebanggaan sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan.

Mascapai Dunhil Foto Bersama Pj. Bupati Barito Selatan.

Camat Dusun Hilir Bapak Eko Hermansyah, S.STP., M.M. mengatakan “Pawai ini menjadi bukti semangat kebersamaan kita sebagai warga Kecamatan Dusun Hilir.  Semoga melalui kegiatan ini, kita semakin menghargai perjuangan para pahlawan dan terus menjaga persatuan serta kerukunan di antara kita,” ucap Eko.

Pawai 17 Agustus ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan kemerdekaan, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat tali silaturahmi antar warga. Semangat persatuan dan cinta tanah air yang tergambar dalam pawai ini diharapkan akan terus terjaga, menjadi dorongan bagi warga Kecamatan Dusun Hilir untuk terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Acara pawai ditutup dengan pengumuman penghargaan untuk kelompok peserta terbaik, yang disambut dengan sorak sorai penuh kegembiraan. Dengan penuh kebanggaan, seluruh peserta dan penonton pulang dengan membawa kenangan indah dari perayaan Hari Kemerdekaan yang penuh semangat dan kebersamaan.