Peringatan HAN 2024 Anak Terlindungi, Indonesia Maju

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP – Mewakili Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan, Asisten Administrasi Umum Mirwansyah menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024 bertempat di GPU Jaro Pirarahan Buntok. Senin(05/08/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Guru- guru serta Pelajar Se-Kabupaten Barito Selatan.

Bunda Forum Anak Kab Barsel Hj. Erna Adriani Palupi mengatakan selain pemenuhan hak hidup, hak tumbuh kembang dan perlindungan, negara juga wajib dalam pemenuhan hak peningkatan kreatifitas anak yakni salah satunya dengan pelaksanaan peringatan hari anak.

Dengan tema HAN tahun ini yaitu Anak Terlindungi, Indonesia maju dengan sub tema Anak Merdeka dari kekerasan, perkawinan anak, pekerja anak dan stunting jangan menjadi slogan saja. Karena di pundak anak-anak Barito Selatan masa depan berada, sudah seharusnya kita menjadikan mereka insan yang religius memiliki semangat kebangsaan dan cinta tanah air, disiplin dan kerja keras.

Pj. Bupati Barito Selatan dalam sambutannya menyampaikan kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan sebuah bangsa. Setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial. Tak kalah penting, anak juga harus memperoleh perlindungan dan pemenuhan hak-haknya.

‘’Dalam Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional ke-40 Tingkat Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024 ini, saya ingin mengajak semua Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dan seluruh komponen masyarakat untuk terus meningkatkan komitmennya dan bersama-sama mengupayakan pemenuhan dan perlindungan anak khususnya di Kabupaten Barito Selatan ini.’’

‘’Diharapkan momen Kegiatan Perayaan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024 ini dapat menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, pendidik, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan semua pihak akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi serta melindungi hak anak-anak kita”.tegasnya.

Camat Dusun Hilir Eko Hermansyah juga mengatakan tujuan dari Peringatan HAN ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa yaitu Anak Terlindungi. Melalui tema tersebut, perayaan HAN diisi dengan berbagai kegiatan positif, kreatif, bermakna dan partisipatif dari anak untuk anak.

“Saya himbau agar orang tua dapat menumbuh kembangkan bakat dan potensi yang ada sehingga menjadi anak yang cerdas, tangguh, mandiri serta menguasai ilmu teknologi untuk kemajuan Indonesia khususnya Kabupaten Barito Selatan”tambahnya.