Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Dusun Hilir

KECAMATAN DUSUN HILIR – Pemadaman Api di lahan penghijauan oleh anggota MPA didampingi oleh anggota TNI dan anggota Kepolisian Dusun Hilir, Minggu (28/07/2024)

Sebelum melakukan pemadaman kebakaran, pagi Minggu anggota MPA beserta anggota TNI dan  Kepolisian melaksanakan apel gabungan.

Setelah apel selesai semua anggota MPA dengan didampingi oleh TNI dan Kepolisian langsung menuju tempat kejadian. Kebakaran di lahan Kecamatan Dusun Hilir lokasinya cukup jauh, meski tidak besar namun petugas  pemadam gabungan tetap menemui kendala karena lokasinya yang sangat jauh.

Semua bergerak cepat dan tanggap menuju titik lokasi yang telah ditandai. Dalam beberapa jam lamanya api pun berhasil dipadamkan.

Abdul Karim selaku ketua MPA mengatakan ada tiga hal yang menjadi kendala, yang pertama tidak ada dukungan yang memadai di titik lahan yang kami padami di lokasi Eks Canal PLG yang dikelola oleh Boss Mawas. yang kedua yaitu kesulitan menuju ke lokasi dikarenakan sungai lahan yang sangat surut. yang ketiga yaitu selang air yang digunakan kurang memadai sehingga sulit untuk menjangkau titik api tersebut. ujar Ketua MPA.

Ketua MPA Kecamatan Dusun Hilir Mengkatip berharap agar pemerintah tidak lalai sedikitpun untuk bekerja sama menjaga lahan gambut agar tidak terbakar guna untuk keselamatan lingkungan manusia dan satwa.