Kondisi Kecamatan Dusun Hilir Terkini

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP- Melalui pantauan keadaan di wilayah Kecamatan Dusun Hilir memasuki masa kemarau. Rabu (31/07/2024).

       Jalur Sungai Desa Mahajandau dan Desa Sungai Jaya

Kemarau yang melanda di Kecamatan Dusun Hilir sangat meresahkan warga, tidak hanya di Kecamatan saja di desa-desa pun juga mengalami hal yang sama. Kemarau ini menjadi salah satu kendala masyarakat untuk beraktivitas, terutama di desa pedalaman yaitu (Desa Mahajandau, Desa Sungai Jaya, Desa Mangkatir dan Desa Lehai)

Kemarau tahun ini membuat debit air sungai menjadi kering dan sangat meresahkan masyarakat, mereka tidak bisa keluar masuk desa melalui jalur sungai yang kering, dan aktivitas warga masyarakat pun jadi terganggu.

   Sungai Hantasan Lamudin (Desa Lehai dan Desa Mangkatir)

Kemarau ini juga menjadi sesuatu yang ditakutkan oleh sebagian masyarakat setempat karena kekurangan air bersih. Tidak hanya kekurangan air bersih saja, sebagian masyarakat juga mengalami berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit berupa gatal-gatal.

Kemarau ini juga bisa menyebabkan kebakaran hutan, dengan itu Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir Menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut andil dalam menghadapi ancaman kebakaran yang dapat berdampak luas. Dan perlu respon cepat dalam mengatasi potensi kebakaran guna melindungi lingkungan dan aset-aset perkebunan yang berharga.