Jaga Kerukunan Umat, FKUB Barsel Gelar Sosialisasi di Dunhil

DUNHIL – Dengan mengambil tema Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Multikultural, FKUB Barsel mengajak seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan pemahaman dan toleransi guna memperkenalkan dan memperdalam pemahaman antar umat beragama mengenai keyakinan dan praktik masing-masing untuk mengurangi kesalahpahaman dan stereotip.

Mendorong kerjasama dan dialog antar komunitas agama untuk menyelesaikan konflik dan membangun hubungan yang harmonis.

Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya kerukunan dan saling menghormati dalam masyarakat multikultural dan kearifan lokal dengan Palsafah Huma Betang.

Mencegah konflik dengan mengidentifikasi dan mengatasi potensi sumber konflik antar umat beragama sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih besar.

Mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya memelihara dan memperkuat kerukunan serta membangun masyarakat yang lebih inklusif secara khusus pada pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan yang mana telah memasuki tahapan pemilu.

Hal inilah yang ditekankan Bapak H. Miftahul Huda selaku Ketua FKUB saat menyampaikan sambutannya pada acara Silaturrahmi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Barito Selatan yang dilangsungkan di Aula Kecamatan Dusun Hilir pada Rabu, 31/07/2024.

Pada kesempatan tersebut, Camat Dusun Hilir Bapak Eko Hermansyah berterima kasih atas adanya kegiatan Sosialiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ini. Menurutnya, FKUB ini sendiri masih asing ditelinga masyarakat sehingga perlu adanya pengenalan dan pemahaman mendalam tentang hal ini.

“Saya sangat berterima kasih dan menyambut baik kegiatan ini karena memang hal-hal seperti ini masih kurang bagi kami, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan kami mengenai apa saja kegiatan yang dilaksanakan oleh FKUB” ungkap Eko.

FKUB  sendiri merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam rangka membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh Wakapolsek Dusun Hilir, Damang Dusun Hilir, Kepala KUA Kecamatan Dusun Hilir, Lurah Mengkatip, Kepala Desa se-Kecamatan Dusun Hilir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW, dan Tokoh Adat dengan pemateri dari FKUB Barito Selatan.