Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Kecamatan Dusun Hilir

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP- Gerakan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan yang dilaksanakan di Kecamatan Dusun Hilir Mengkatip. Senin (15/07/2024).

Kegiatan Gerakan Transisi PAUD Ke SD yang menyenangkan dihadiri oleh Tim Rombongan dari kabupaten petugasnya masing masing 10 orang ke setiap kecamatan, 2 Orang dari Dinas Pendidikan, 3 Orang dari Gugus Tugas PAUD HI, 2 orang dari Pokja Bunda PAUD, 1 Orang dari TP PKK, 1 Orang dari Kominfo, 1 Orang dari BPMP Provinsi, Forkopimcam Dusun Hilir dan Instansi lain yang berada di wilayah Pemerintahan Kecamatan Dusun Hilir.

Souvenir dari Bunda Paud Kab. Barsel untuk Kepala Sekolah TK Mawar Mengkatip
Souvenir dari Bunda Paud Kab. Barsel ke Guru SDN-1 Mengkatip

Setibanya di Mengkatip di Pelabuhan Kecamatan Dusun hilir rombongan akan menuju TK Mawar setelah itu dilanjutkan ke SDN-1 Mengkatip. Setelah selesai di SD, Rombongan akan di bawa ke Aula Kantor Kecamatan Dunhil utk Sosialisasi dan Ramah Tamah Program Bunda PAUD dll.

Sesuai dengan kegiatan ini bahwa dalam rangka monitoring sekaligus implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan secara umum ingin memperkuat implementasinya dilapangan, ini program strategi kementerian.

Transisi PAUD merupakan proses perpindahan peran anak dari peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD di mana anak tidak perlu melakukan banyak penyesuaian akibat dari perpindahannya.

Jangan lagi ada kesan bahwa anak TK harus bisa membaca, yang menjadi dilema secara sosialisasi sudah kita sampaikan, persepsi ke orang tua, kasian orang tua ibu kita kita di SD.
6 kemapuan pondasi awal.

Adapun 6 kemampuan fondasi itu yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk kegiatan di lingkungan belajar, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar seperti kepemilikan dasar literasi dan numerasi, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, dan pemaknaan terhadap belajar yang positif.

Untuk dapat terwujudnya itu, Kemendikbudristek menjalin kolaborasi dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) dan Bunda PAUD se-Indonesia untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Dukungan ini ditandai dengan pernyataan komitmen bersama yang dilakukan di Jakarta. Komitmen Bersama Bunda PAUD mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan dibacakan oleh Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Utara, Bunda PAUD Kabupaten Sabang, dan Bunda PAUD Kabupaten Biak Papua supaya anak-anak harus dibina secara holistik.

Foto Bersama di TK Mawar Mengkatip
Foto Bersama di SDN-1 Mengkatip
Foto Bersama di TK Melati PGRI Mengkatip