Melalui FGD Bahas Naskah Akademik Ranperda Pengelolaan Perairan Darat Kab. Barito Selatan

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP – Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah Laksanakan Focus Group Discussion (FGD) 1.

Pembahasan Naskah Akademik dan Draft Rancangan Peraturan Daerah (Ramperda) Pengolahan Perairan Darat Barito  Selatan bertempat di Aula Barito Selatan. Kamis (13/06/2024).

Sambutan Asisten I Setda Barsel (Yoga Prasetianto Utomo, S.STP., M.M)

Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten I Yoga Prasetianto Utomo mengatakan bahwa pentingnya regulasi tentang pengololaan perairan darat.

Barito Selatan memiliki potensi sumber daya perikanan perairan darat yang sangat besar, sehingga pentingnya pengaturan melalui adanya regulasi atau perda. Potensi ini tidak hanya menggungguli daerah lain disekitar Barsel, tetapi juga menunjukkan betapa besarnya potensi yang kita miliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan daerah.

Keberlanjutan, sumber daya perairan darat ini sangat penting untuk kita jaga dan dikelola dengan baik, oleh karena itu diperlukan adanya regulasi yang kompherensif dan tepat sasaran.

Draft naskah akademik dan Ranperda yang kita bahas pada hari ini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memastikan bahwa pengelolaan sumber daya perairan darat dapat dilakukan secara berkelanjutan, berkeadilan, dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Melalui Focus Group Discussion ini, saya berharap kita bersama-sama dapat bersama-sama memberikan masukan yang konstruktif dan penyempurnaan draft tersebut, partisipasi aktif dari semua pihak yang hadir di sini sangat kami harapkan demi tercapainya regulasi yang terbaik.

Yoga Prasetianto Utomo menuturkan, dengan demikian kita dapat memaksimalkan potensi perikanan darat ini untuk meningkatkan pendapatan daerah, serta kesejahteraan rakyat Barito Selatan.

Selain itu, saya ingin menegaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan berkomitmen penuh untuk melanjutkan proses ini hingga draft rancangan ini menjadi  Peraturan Daerah (Perda).

Kami akan memastikan, bahwa setiap langkah dan proses yang diperlukan akan dilakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga kita dapat memiliki landasan hukum yang kuat untuk pengelolaan sumber daya perairan darat kita.

Lebih lanjut lagi Bapak Yoga mengajak semua yang hadir untuk berkomitmen bersama agar terus bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas dalam membangun Kabupaten Barito Selatan  yang lebih baik.

Kedepannya, Barsel akan lebih maju lagi apabila bersama kita bergandeng tangan sinegitas bekerja keras, cerdas dan ikhlas dalam membangun.