Puskesmas Mengkatip Mendapatkan Tingkat Akreditasi “UTAMA”

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP – Pembukaan Survei Re Akreditasi UPT Puskesmas Mengkatip di Halaman Puskesmas Mengkatip. Sabtu (25/05/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Surveyor Lafkespri Puskesmas dr. Heny Erlina dan Munawar Kholil, SKM, Tim TPCB Dinas Kesehatan, Camat Dusun Hilir, Anggota Polsek Dusun Hilir, Anggota Koramil Dusun Hilir, Lurah Mengkatip.

Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh Lembaga Penyelenggara Akreditasi (LPA) yang ditetapkan oleh kementrian kesehatan setelah dinilai bahwa puskesmass tersebut memenuhi standar akreditasi.

Sambutan Ibu Susanti dari Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan

Susanti menyampaikan bahwa ini Luring yang ke-6 dari 12 Puskesmas di Barsel. Menindaklanjuti amanat dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik, Laboratorium kesehatan, Unit Transfusi Darah, tempat praktik dokter dan tempat praktik Dokter gigi maka Dinas Kesehatan sangat mendukung survei Re akreditasi Puskesmas Mengkatip.

Dengan dilaksanakan Re Akreditasi ini semoga dapat memberikan manfaat, meningkatkan kinerja dan kesehatan pasien, sehingga pasien merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh puskesmas Mengkatip.

Sambutan Eko Hermansyah, S.STP., M.M Selaku Camat Dusun Hilir

Eko Hermansyah, S.STP., M.M menyampaikan saya sangat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas melalui pendekatan penilaian akreditasi dengan meningkat mutu pelayanan. Harapan saya adalah pelayanan publik dibidang kesehatan dan dapat lebih berkualitas dan derajat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan.

Saya sebagai Camat di Kecamatan Dusun Hilir mendukung sepenuhnya Puskesmas Mengkatip untuk meningkatkan mutu pelayanan dan terakreditasi, keberhasilan Puskesmas Mengkatip mudahan-mudahan menjadi motivasi besar bagi tenaga kesehatan, Puskesmas, untuk senantiasa meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat menjadikan Puskesmas Mengkatip sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan terhadap proses kesehatan, kehadiran Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir pada penilaian survei Re Akreditasi merupakan wujud dukungan yang kuat terhadap pembangunan kesehatan di Kecamatan Dusun Hilir.

Hasil yang diperoleh dari proses Re Akreditasi Puskesmas Mengkatip mendapatkan tingkat Akreditasi “UTAMA”