Penandatanganan MoU antara DKPPP Kabupaten Barito Selatan dengan Kodim 1012 Buntok dalam Upaya Pelaksanaan Perbaikan Infrastruktur dan Optimalisasi Lahan Rawa

Dunhil – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kodim 1012 Buntok di Kantor DKP3, Rabu (1/5/2024).

Penandatanganan perjanjian kerjasama untuk pelaksanaan perbaikan infrastruktur dan optimalisasi lahan rawa antara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Ida Safitri dengan Komandan Kodim 1012 Buntok Letkol Inf Langgeng Pujut Santoso dalam upaya perbaikan infrastruktur optimalisasi lahan rawa di Kabupaten Barito Selatan turut disaksikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan dengan pihak Kementrian Pertanian RI.

Pj Bupati Barsel mengatakan,’’dengan adanya penandatanganan MoU ini guna mempercepat peningkatan produksi dan mengembalikan swasembada pangan yang pernah diraih 3 tahun sebelumnya serta memperkuat pertanian dalam menghadapi ancaman dampak El Nino, salah satunya dengan mengoptimalisasi lahan rawa.

Kerjasama ini tidak hanya untuk peningkatan produksi pada lahan baku sawah, tapi juga mengoptimalkan lahan tidur utamanya lahan rawa mineral yang potensinya dapat dijadikan lahan pertanian seluas 10 juta hektar. Melalui perjanjian ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat Barsel, dengan meningkatnya aksesibilitas, keamanan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Usai penandatangan MoU, dilanjutkan dengan meninjau lokasi OPLA ke Desa Teluk Sampudau, Kecamatan Karau kuala dan Desa Damparan Kecamatan Dusun Hilir.

Peninjauan dilakukan langsung oleh Pj. Bupati Barito Selatan Bapak H. Deddy Winarwan bersama pihak Ditjend Kementrian Pertanian RI, Kepala Dinas DKPP Kabupaten Barito Selatan, Asisten I, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kabid Kominfo, Kabid Penyuluhan, Dandim 1012 Buntok, Penyuluh Pertanian, Anggota Kodim 1012 Buntok yang didampingi oleh Camat Dusun Hilir Bapak Eko Hermansyah, Wakil Kapolsek Dusun Hilir, Bati Tuud Koramil 1012-08 Dusun Hilir, dan Kepala Perhubungan Mengkatip.