Penganugerahan Gelar Kehormatan “Patis Lawung Payung Undro” Kepada PJ. Bupati Barito Selatan (Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si)

Dunhil – Selasa, 14 Mei 2024 acara Ritual Upacara Adat Dayak dalam rangka Penganugerahan Gelar Kehormatan Patis Lawung Payung Undro Kepada (Penjabat) Pj. Bupati Barito Selatan Bapak Dr. H. Deddy Winarwan, M. Si dari pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Selatan. Penganugerahan tersebut di gelar di Gedung Jaro Pirarahan Buntok.

Para Damang Kepala Adat Se – Kabupaten Barito Selatan merasa bangga pada Bapak Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si selaku (Penjabat) Pj. Bupati Barito Selatan atas segala Kinerjanya baik dibidang Pemerintahan, Pembangunan, dan kedekatannya dengan masyarakat.

Maka pada hari Selasa 02 April 2024 Para Damang Se – Barito Selatan dan bersama Dewan Adat Dayak Barito Selatan di Buntok mengadakan pertemuan, dengan pendapat dan sepakat untuk memberikan “Penganugerahan Gelar Kehormatan” kepada (Penjabat) Pj. Bupati Barito Selatan, bapak Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si.

Penyambutan Pj. Bupati Barito Selatan, Bapak Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si (tiba di gedung Jaro Pirarahan Buntok)
Pemasangan Baju Adat, Lawung, benda – benda Adat dan dilanjutkan dengan Mandudus/Pengukuhan
Pemasangan baju Adat (Sangkarut) oleh Ketua DAD Barito Selatan Bapak Tamarzam

Ketua DAD Kabupaten Barito Selatan, Tamarzan mengatakan (Penjabat) Pj. Bupati Barito Selatan, Dr. H.  Deddy Winarwan, M.Si. diberi gelar Patis Lawung Payung Undro.

Acara penganugerahan gelar Adat Dayak Pj. Bupati Barito Selatan ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Hj. Nyimas Artika, Dandim 1012 Buntok Langgeng Pujut Santoso, Ketua Pengadilan Negeri Ahmad Husaini yang mewakili Kajari Buntok, Sekretaris Daerah Edy Purwanto, Kepala OPD Lingkup Daerah Barito Selatan, Camat Dusun Hilir, tokoh masyarakat dan tokoh agama, para Damang dan Mantir Adat se Barito Selatan serta undangan lainnya.

Sementara itu Pj. Bupati Barito Selatan, menyampaikan dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas sambutan yang luar biasa dari masyarakat dan tokoh adat serta atas pemberian gelar yang luar biasa dengan atribut menunjukan kemegahan dan kejayaan orang dayak.

“Ini merupakan satu kehormatan yang luar biasa bagi saya pribadi, juga bagi keluarga dan sebagai Pj. Bupati,” kata dia.

Pada momentum ini, Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si mengajak kepada masyarakat untuk terus melestarikan Suku Dayak dan memajukan kebudayaan Daerah serta mendorong berbagai kegiatan dikolaborasikan dengan Pemerintah Daerah untuk dikemas dengan lebih baik sehingga menarik dan dijadikan kegiatan wisata.

Oleh sebab itu, sebutnya, Dengan kegiatan seperti ini masyarakat bisa saling belajar tentang kekayaan tradisi dan nilai – nilai budaya, toleransi, kerukunan, keharmonisan yang sudah diwariskan oleh para leluhur terdahulu.

“Saya juga melihat semangat Bhineka Tunggal Ika dapat diwujudkan secara nyata di Kabupaten Barito Selatan,” ujarnya.

Para tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada Pj. Bupati Barito Selatan, Bapak Dr. H. Deddy Winarwan, M.Si dan menyatakan dukungan penuh terhadap program-program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Selatan di bawah kepemimpinan beliau. Penghargaan ini diharapkan juga dapat menjadi inspirasi bagi para pemimpin daerah lainnya untuk senantiasa menjalankan tugas dengan integritas, dedikasi, dan keikhlasan.