Apel Gabungan Persiapan Pemilu Tahun 2024

Forkopimcam Dusun Hilir beserta Tim BKO Polres Barito Selatan melaksanakan Apel Gabungan  persiapan pemilu. Senin (12/2/2024)

Apel yang dipimpin Camat Dusun Hilir Eko Hermansyah, S.STP.,M.M juga dihadiri Kapolsek Dusun Hilir AKP Andra Dwi Hardanto, S.H, Danramil Dusun Hilir 1012-08 Dusun Hilir Letda Inf Chusaeni dengan peserta apel gabungan dari Polsek Dusun Hilir, Koramil Dusun Hilir,  Tim BKO PAM TPS Polres Barito Selatan, ASN dan Tenaga Kontrak Kantor Kecamatan Dusun Hilir, ASN dan Tenaga Kontrak UPT Dermaga Mengkatip (Perhubungan), Puskesmas Mengkatip dan BPP Dusun Hilir, Panwaslu, PPK dan PPS Dusun HIlir yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Dusun Hilir.

Dalam arahan pimpinan apel, Camat Dusun Hilir Eko Hermansyah, S.STP., M.M menyampaikan Kantor Kecamatan Dusun Hilir memfasilitasi makan, kopi dan snack, pengadaan posko gabungan dan menandatangani bersama-sama jadwal piket posko pemilu antara Camat Dusun Hilir, Kapolsek Dusun Hilir, dan Danramil Dusun Hilir yang mana lazimnya paling tidak ada posko untuk pengamanan. Jaga posko ini terdiri dari Polsek Dusun Hilir, Koramil Dusun Hilir, Puskesmas Mengkatip, UPT Dermaga Mengkatip, Panwaslu dan PPK Dusun Hilir. Jaga Posko gabungan ini sudah dilaksanakan dari hari minggu, 11 Februari 2023 s/d Kamis, 22 Februari 2023. Camat menghimbau kepada Lurah Mengkati dan Pj. Kepala Desa Mahajandau  agar membersihkan jalur sungai dari Kelurahan Mengkatip sampai Sungai Jaya untuk memudahkan pengangkutan logistik pemilu.

Penandatangan Jadwal Piket Posko Pemilu oleh Camat Dusun Hilir (Eko Hermansyah, S.STP., M.M)
Penandatangan Jadwal Piket Posko Pemilu oleh Kapolsek Dusun Hilir (AKP Andra Dwi Hardanto, S.H)
Penandatangan Jadwal Piket Posko Pemilu oleh Danramil 1012-08 Dusun Hilir (Letda Inf Chusaeni)

Kapolsek Dusun Hilir AKP  Andra Dwi Hardanto, S.H menyampaikan sesuai dengan tupoksi kami dari pihak keamanan dibantu oleh rekan-rekan TNI/Polri kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Kecamatan Dusun Hilir dan seluruh perangkatnya yang telah membantu kegiatan kita yang utama untuk kegiatan pengamanan menyiapkan fasilitas transportasi dan sebagainya itu luar biasa dan kami ucapkan terima kasih dan berterima kasih kepada Johardi, S.Pd yang sudah hadir juga memulai dari penjemputan dan persiapan logistik dan saya ucapkan juga terima kasih kepada Danramil Dusun Hilir yang telah membantu melaksanakan pengamanan kami mulai dari pengawalan dan penjagaan di posko dan tidak lupa pula rekan-rekan dari Panwaslu dan PPK yang sudah sama-sama melaksanakan kegiatan untuk penyelenggaraan pemilu untuk tahun 2024. Untuk kegiatan penyelenggaraan secara teknis akan dilaksanakan oleh rekan-rekan PPK  dan diawasi oleh Panwaslu untuk kami dari TNI/Polri melaksanakan kegiatan pengamanan jadi kami berada di ring 2 dan ring 3, ring 1 ada pada PPK, Panwaslu dan Linmas jadi kami tidak ada di dalam setelah inipun nanti di ruangan logistik tidak ada rekan-rekan dari pihak keamanan yang berada di dalam jadi semua itu masuk dari ranah pihak PPK kecuali nanti dari PPK meminta bantu apabila terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban. Jadi, biar kita sama-sama tahu posisi kita  untuk pergeseran akan dilaksanakan besok pagi selasa, 13 Februari 2024 dengan jam bervariasi untuk transportasi sudah disiapkan oleh PPK nanti kita atur kepada Pamatwil TPS dan Danramil silakan nanti personelnya sesuaikan dengan lokasi yang sudah ada. Jadi, masing-masing melaksanakan kegiatan pengawalan sampai ke PPS dan TPS.

Letda Inf Chusaeni menyampaikan untuk mekanisme pengamanan pemilu saya rasa untuk TNI dan Polri sudah banyak sekali dari pimpinan sudah ditekankan sudah berulang-ulang kali bahkan tidak terhitung lagi karena kita ini selalu diingatkan terus supaya tidak terjadi kesalahan atau pelanggaran di lapangan nantinya. Kemudian saya akan menekankan kembali kepada petugas yang ada di TPS-TPS maupun yang di Kecamatan nanti pada saat penghitungan suara saya minta yang tergabung dalam petugas pemilu 2024 ini saya minta tolong utamakan kesehatan personel yang penting. Karena mengingat kejadian tahun 2019 setelah penghitungan suara banyak yang masuk rumah sakit dan bahkan ada banyak yang meninggal dunia. Jadi, yang perlu digaris bawahi jaga kesehatan keamanan porsonel dan harus diwaspadai jangan sampai kejadian lagi seperti ditahun 2019.

Ketua PPK Kecamatan Dusun Hilir Ibno Yakin menyampaikan kami mengucapkan terima kasih kepada Camat Dusun Hilir yang mana dari awal penyelenggaraan kita sampai detik ini selalu memfasilitasi kami baik segala gedung ataupun kepentingan-kepentingan yang lain maupun koordinasi sehingga kegiatan penyelenggaraan di Kecamatan Dusun Hilir ini berjalan dengan lancar. Kami berterima kasih kepada Kapolsek dan Danramil yang selalu senantiasa berkoordinasi terkait kegiatan kita ini dan kemarin sudah kita kunci untuk tempat pemungutan suara. Tempat pemungutan suara berdasarkan saran dari pihak Kecamatan kita juga diminta mencari alternatif agar bisa dilaksanakan dengan baik, Se-Kabupaten Barito Selatan Kecamatan Dusun Hilir mendapat apresiasi dari KPU Barito Selatan yang mana disampaikan pada pertemuan bahwa berdasarkan kerja sama dari pihak Kecamatan, TNI/Polri Kecamatan Dusun Hilir Nomor 1 (satu) menyampaikan alternatif tempat TPS dan tempat penyimpanan kotak suara dan terima kasih kepada Camat, Kapolsek, Danramil Dusun Hilir atas kerja sama selama ini.

Terkait suara sah dan tidak sah sudah disampaikan ke anggota KPPS melalui PPS bahwa melalui surat KPU Kabupaten Barito Selatan Nomor 55 dan 59 disitu tertera ada calon tetap yang dicoret karena tidak memenuhi syarat kemudian ada juga partai yang tidak memenuhi syarat sehingga rekan-rekan di lapangan nanti bisa mengetahui jika ada suara yang menuju daripada calon tersebut maka itu akan menjadi suara sah untuk partai politiknya. Tapi, jika ada parta politik yang tidak memenuhi syarat jika ada ceplosan di situ maka  dinyatakan tidak sah. Ini adalah hal-hal yang perlu kita ketahui bersama dan itu biasanya menjadi perdebatan-perdebatan  di TPS antar saksi, pengawas maupun KPPS kita. Untuk anggota KPPS kita sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka  sebelum mereka melaksanakan sesuatu  yang akan dikerjakan tentu didahulu meminta rekomendasi dari Pengawas TPS juga kepada saksi-saksi.