Paturun Sangiang

 

Mengkatip (12/12/2023) Acara Adat Paturun Sangiang atau Baturun Batutur di Sekretariat Manyanggar RT. 08/RW. 03 Kelurahan Mengkatip, Kecamatan Dusun Hilir. Sebelum acara  Adat Paturun Sangiang atau Baturun Batutur dilakukan, Panitia Pelaksana Kegiatan mengundang Camat Dusun Hilir, Kapolsek, Danramil, Tokoh – tokoh Agama, Tokoh Adat, serta Tokoh Masyarakat. Rapat Musyawarah serta mufakat dalam mengambil keputusan dengan menjunjung tinggi asas – asas hapakat/sepakat  sesuai dengan nilai – nilai kebudayaan yang ada pada Falsafah Huma Betang, Suku Dayak Kalimantan Tengah.

 

Rapat Panitia Manyanggar bersama Camat, Sekcam, Kapolsek, Koramil, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta warga masyarakat.

Foto Lasang Manawur Behas Bahenda

Acara Paturun Sangiang/Baturun Batutur yaitu untuk permohonan atau minta petunjuk dari Sangiang dan Dewa agar nantinya dalam pelaksanaan manyanggar nanti dapat dilakukan sesuai aturan dan tidak menyalahi adat istiadat yang di jaga secara turun temurun.

Upacara Adat manyanggar merupakan salah satu bentuk dan wujud ritual kepercayaan umat Hindu Kaharingan untuk membuat tapal batas antara manusia dengan roh – roh jahat maupun wabah penyakit.

Acara Adat Menyanggar yang akan dilaksanakan di Kelurahan Mengkatip RT. 08/RW. 03 akan diselenggarakan selama tiga hari tiga malam pada tanggal 26 – 28 Desember 2023 dengan jadwal kegiatan sebagai berikut:

  1. Tanggal 26 akan dilakukan Ba atur atur
  2. Tanggal 27 Mawi sesajen
  3. Tanggal 28 memberikan Sesajen dan menerima rangkaan panginan untuk Sangiang dan Dewa. (tanggal 28 acara gerantung epat (batanam/penyerahan sesajen) acara puncak para dewa bentanam).

Lasang Papat mamang tawur manawur.

Lasang Memanggil Para leluhur dan Dewa – dewa.

 

 

Catatan:

Penulis menyadari bahwa di dalam Diskripsi masih terdapat kelemahan, kekeliruan, dan kesalahan kata, dalam gagasan ritual Paturun Sangiang atau Batutur Baturun. Oleh sebab itu, penulis berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan yang akan datang. Penulis mohon maaf apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan.