Stunting – Kunjungan Kerja Konsultan Yayasan MEDHA PARAHITA INDONESIA

Selasa, 05 Desember 2023. Laporan kegiatan Program Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Barito Selatan yang dilakukan di Kecamatan Dusun Hilir di 8 (delapan) desa sasaran, yakni: Desa Kelanis, Desa Lehai, Desa Mangkatir, Desa Damparan, Desa Teluk Timbau, Desa Batilap, Desa Sungai Jaya, dan Desa Mahajandau.

Bapak Asyik Pemiluhadi. S.T selaku Konsultan Yayasan Medha Parahita Indonesia sebagai Mitra Kerja PT. Adaro Indonesia dan Siska, S.E selaku Fasilitator Kabupaten Barito Selatan, melaporkan kegiatan dilapangan kepada Achmad Mutahir, S.AP., MM selaku Sekretaris Camat (Sekcam) Dusun Hilir. Khususnya Kegiatan di 8 (delapan) desa tersebut di atas dengan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi serta pendistribusi PMT berupa susu formula SGM untuk balita yang berisiko stunting serta PMT untuk ibu hamil KEK (Kurang energi kronis).

Pemberian susu formula untuk balita

Adapun total balita berisiko stunting serta ibu hamil KEK di Kecamatan Dusun Hilir berjumlah, yaitu: Desa Kelanis berjumlah 31 balita dan 1 Ibu Hamil, Desa Lehai 7 Balita dan 1 Ibu hamil, Desa Mangkatir 1 Balita, Desa Damparan 54 balita, Desa Teluk Timbau 15 balita, dan Desa Batilap 31 Balita dan 1 Ibu Hamil.

Adapun data tersebut didapatkan dari Baselin / pemetaan awal dari masing-masing Desa. Setiap Desa terdapat 2 orang kader Desa.

Program yang masih berjalan, yakni bantuan berupa susu SGM, ternak telur, sanitasi (pembaharuan sederhana untuk 2 desa yang terpilih yaitu Desa Damparan 15 Unit dan Desa Batilap 15 Unit, total : 30 Unit yang akan di kerjakan di Bulan Desember iniI. Bibit Kangkung serta Polybag – sudah terealisasi).