Camat Berikan Apresiasi atas Predikat B SAKIP Pemkab Barsel yang Bertahan Dua Tahun Berturut-turut

DUNHIL – Camat Dusun Hilir Eko Hermansyah, S.STP., M.M. menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) atas keberhasilan mempertahankan predikat B dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) selama dua tahun berturut-turut pada acara Sakip Award 2024. Pencapaian ini dianggap sebagai bukti nyata komitmen Pemkab Barsel dalam meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan transparan.

Dalam pernyataannya, Eko menegaskan bahwa predikat ini menunjukkan keberhasilan Pemkab Barsel dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, di mana seluruh jajaran bekerja keras untuk memenuhi target kinerja yang telah ditetapkan.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran Pemkab Barito Selatan yang telah berhasil mempertahankan predikat B dalam penilaian SAKIP selama dua tahun berturut-turut. Ini merupakan bukti nyata komitmen kita bersama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan efisien. Prestasi ini harus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja, pelayanan kepada masyarakat, serta mencapai target yang lebih tinggi di masa mendatang. Dengan kolaborasi yang baik di semua tingkatan, kami yakin Barsel akan terus maju dan berprestasi, ” ujar Eko.

Lebih lanjut, Camat Dusun Hilir juga mengungkapkan harapannya agar prestasi ini dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang. Ia mengajak seluruh perangkat daerah dan masyarakat untuk berkolaborasi dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih efisien, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan warga.

“Kita harus menjadikan pencapaian ini sebagai momentum untuk semakin berinovasi dan memperbaiki kualitas pelayanan publik di seluruh sektor. Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, Barsel bisa terus melangkah maju dan menjadi daerah yang berprestasi,” tambahnya.

Camat Dusun Hilir atau yang lebih akrab disapa Capten Dunhil ini mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran Pemkab Barsel atas bimbingan dan arahannya.

” Terima kasih kepada Bapak Pj. Bupati Barito Selatan, Sekda Barsel beserta jajarannya yang telah memberikan bimbingan kepada kami sehingga kami semua mulai dari perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi akuntabilitas kinerja internal secara keseluruhan sehingga mendapatkan nilai yang memuaskan,” pungkasnya.

Pemkab Barito Selatan sebelumnya telah menerima predikat B dalam penilaian SAKIP yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), yang menunjukkan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah telah berjalan dengan efektif dan efisien. Penilaian ini merupakan salah satu indikator penting dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan berorientasi pada hasil untuk kesejahteraan masyarakat.