Rapat Koordinasi Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pada Pilkada 2024

Dusun Hilir, 24 September 2024 – Untuk persiapan Pilkada tahun 2024, Panwascam Dusun Hilir gelar rapat Koordinasi Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD)  di Aula Kecamatan Dusun Hilir.

Rapat yang berlangsung di Aula Kecamatan ini dihadiri oleh Kasi PPM Kecamatan Dusun Hilir, Kapolsek Dusun Hilir, anggota Danramil 1012-08 Dusun Hilir, Ketua PPK Dusun Hilir, Panwaslu Kelurahan/Desa, anggota Panwascam, serta perwakilan dari Parpol.

Acara ini bertujuan untuk memastikan seluruh anggota Panwaslu Kelurahan/Desa siap melaksanakan tugas pengawasan dengan memahami regulasi dan prosedur yang harus diikuti.

Memperkuat koordinasi antara Panwaslu Kelurahan/Desa serta pihak-pihak terkait,  untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan meminimalisir pelanggaran.

Memberikan pelatihan dan pembekalan materi yang relevan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan anggota Panwaslu dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada.

Membahas strategi dan metode untuk pencegahan serta penanganan pelanggaran pemilu di tingkat kelurahan dan desa, dengan fokus pada langkah-langkah proaktif dan prosedur penanganan yang tepat.

Serta menekankan pentingnya integritas dan netralitas dalam menjalankan tugas pengawasan, untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis.

Sambutan Ketua Panwascam Dunhil.

Ketua Panwascam dalam sambutannya mengatakan “tujuan dari rapat koordinasi ini supaya kita sama-sama menyamakan visi misi dalam tahapan Pilkada ini. Kita akan memulai tahapan-tahapan yang sangat penting, yaitu tahapan-tahapan kampanye pada tanggal 25 September sampai 3 hari sebelum pencoblosan.

Kami harapkan pada tahapan kampanye ini bapak/ibu dari pihak partai politik selaku motor dari calon agar dapat sama-sama memahami aturan-aturan main yang ada dalam tahapan kampanye itu, demikian juga untuk PKD agar dapat memahami juga.

Kemudian juga supaya bapak/ibu dari parpol dan juga pihak kepolisian saling mengenal dengan pihak kami yang dari PKD. Seandainya bapak/ibu nanti pada saat melaksanakan kampanye ke desa-desa silakan hubungi PKD, itu akan lebih aman untuk melaksanakan kewajiban dan juga hak kalian berkampanye.

Silakan berkoordinasi demi kelancaran kegiatan bapak/ibu di desa, supaya kerja  sama dalam hal pelaksanaan nanti bisa berjalan aman,” tambah beliau.

Sambutan bapak Kapolsek Dusun Hilir.

Kemudian bapak Kapolsek Dusun Hilir dalam sambutannya mengatakan “pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa hari sabtu nanti tanggal 28 September 2024, akan ada peringatan hari Besar, yang akan diselenggarakan di salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Dusun Hilir.

Acara tersebut saya dengar akan menghadirkan penceramah yang merupakan pasangan calon dalam Pilkada,  disini saya  menekankan, peran Panwas untuk lebih berani dan harus turun mengawasi dalam acara tersebut.

Kegiatan semacam ini berpotensi menimbulkan dugaan pelanggaran karena bisa dianggap sebagai bentuk kampanye terselubung atau penyalahgunaan fasilitas kegiatan untuk kepentingan politik. Panwas selaku pengawas, kami dari pihak kepolisian dibantu rekan TNI kami siap membackup kalau memang ada proses hukum pidana,” ucap beliau.

Sambutan Kasi PPM Kecamatan Dusun Hilir.

Demikian juga Kasi PPM bapak Hidayat, SE dalam sambutannya meyampaikan “Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat indonesia, secara umum dan secara khusus bagi warga di provinsi Kalimantan Tengah terutama di Kabupaten Barito Selatan.

Sebagai penyelenggara negara di tingkat Kecamatan, Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir sangat mengapresiasi sekali atas dedikasi dan semangat Bapak/Ibu saudara (i) dalam mengawal jalannya tahapan-tahapan Pilkada serentak tahun 2024. Peran Panwaslu sangat strategis dalam memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan jujur, adil dan demokratis.

Rapat Koordinasi ini merupakan momentum yang sangat penting bagi peserta untuk saling bertukar pikiran, informasi dan pengalaman. Melalui forum ini, diharapkan dapat terjalin sinergi yang kuat antara pemerintah Kecamatan, panwaslu serta stakeholder terkait dalam menyukseskan Pilkada.”

Kemudian ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan bersama, dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggungjawab tersebut, yaitu:

  1. Netralitas : Kita harus tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan tugas, jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan atau diistimewakan.
  2. Transparan : Seluruh proses pengawsan harus dilakukan secara transparan dan akuntabel, masyarakat harus mengetahui setiap langkah yang kita ambil.
  3. Koordinasi : Koordinasi yang baik antar lembaga sangat penting untuk mencegah terjadinya konflik dan permasalahan.
  4. Sosialisasi : Mari kita tingkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya Pilkada serentak tahun 2024 dan cara menggunakan hak pilih.

Pemilu sukses adalah cerminan dari demokrasi yang sehat oleh sebab itu mari kita bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas, tambahnya.

Dalam rapat ini, berbagai materi penting disampaikan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan anggota panwaslu dalam menjalankan tugas mereka. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Pemerintah Kecamatan dan narasumber dari anggota Panwaslu Kecamatan.

Penyampaian Materi dari Pem. Kec. Dusun Hilir.

Penyampaian Materi oleh Anggota Panwaslu Kec. Dunhil.

Para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan narasumber.