Sekretaris Camat Dunhil Hadiri Acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pilkada 2024

Dunhil – 12 September 2024, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan  (Panwascam) Dusun Hilir menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Aula Kecamatan Dusun Hilir.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Camat Dusun Hilir, Wakapolsek Dusun Hilir, Danramil 1012-08 Dusun Hilir, Ketua PPK Dusun Hilir, Tokoh Masyarakat serta panitia Panwascam.

Tujuan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini yaitu, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pengawasan pemilu dan peran mereka dalam menjaga integritas proses demokrasi. Memberikan pengetahuan tentang berbagai bentuk pelanggaran dan kecurangan dalam pemilu, serta cara melaporkannya agar dapat segera ditindaklanjuti.

Mendorong terciptanya proses pemilu yang lebih transparan dan akuntabel melalui pengawasan yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat. Membekali masyarakat dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pengawasan pemilu secara efektif. Serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilu dengan memastikan bahwa setiap tahapannya diawasi dengan baik oleh publik.

Pertama-tama Sekretaris Camat Dusun Hilir dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf, karena bapak Camat tidak dapat hadir dalam acara ini dikarenakan beliau sedang ada kegiatan di Buntok.

Bapak Achmad Mutahir, S.AP., MM juga mengatakan bahwa tujuan dari pengawasan partisipatif ini bukan hanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu, tetapi juga untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan kecurangan.

“Pengawasan partisipatif bertujuan untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses pengawasan pemilu. Dengan ini, masyarakat tidak hanya menjadi pemilih, tetapi juga berperan sebagai pengawas yang turut mengawal jalannya Pilkada agar berlangsung sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” jelasnya.

“Dengan pengawasan yang transparan, kita harapkan Pilkada 2024 dapat berjalan bersih, jujur, dan adil, dalam kesempatan tersebut sambutan tersebut Sekretaris Camat juga mengingatkan pentingnya menjaga persatuan meski pilihan berbeda.

“Mata dan telinga Panwaslu ada di tangan masyarakat, kita semua adalah perpanjangan tangan pengawas pemilu, sehingga meskipun pilihan kita boleh berbeda, keamanan dan ketertiban harus tetap kita jaga bersama serta mengimbau masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial selama masa Pilkada, agar tidak menimbulkan masalah yang dapat memicu konflik,” tegasnya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dusun Hilir, M. Ridwan, S.P menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam mengawal setiap tahapan pemilihan. “Undang-Undang memberikan jaminan kepada masyarakat untuk ikut serta menjadi pengawas pemilu.

Partisipasi masyarakat sangat penting, terutama dalam mengawasi daftar pemilih dan setiap proses yang akan berlangsung, termasuk pada tanggal 22 September nanti saat penetapan calon bupati dan wakil bupati ,” ujarnya.

M. Ridwan, juga menekankan keterbatasan personel pengawas pemilu yang menjadi alasan utama mengapa Panwaslu membutuhkan dukungan dari masyarakat. “Kami tidak mungkin bekerja sendiri. Dengan keterbatasan jumlah pengawas, peran serta masyarakat sangat kami harapkan sebagai mitra dalam menjaga integritas pemilu.”

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam mengawasi proses pemilu, sehingga tercipta transparansi, akuntabilitas, dan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Barito Selatan, Khusunya Kecamatan Dusun Hilir.

Acara ini juga menghadirkan beberapa narasumber yang akan menyampaikan materi :

  1. Bapak Achmad Mutahir, S.AP., MM Sekretaris Camat Dusun Hilir,  menyampaikan tentang “Dukungan  Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir pada Pilkada 2024”
  2. Bapak Sahriyanto, Amd. Kep Ketua PPK Kecamatan Dusun Hilir, menyampaikan tentang “Pengawasan Partisipatif  Pemilihan Kepala Daerah 2024”
  3. Bapak Erbia Andy Tomy Anggota Panwascam Dusun Hilir, menyampaikan tentang “Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Mengawal Demokrasi”.

Moderator: Bapak Ibno Yakin, S.Pd

Peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan narasumber.