Panwascam Dunhil Gelar Sosialisasi Pengawasan Jelang Pilkada Tahun 2024

Dunhil – 05 September tahun 2024. Dalam rangka mendukung kelancaran dan transparansi pada Pemilihan Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan tahun 2024, Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Dusun Hilir menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Aula Kecamatan Dusun Hilir.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Barito Selatan, Sekretaris Camat Dusun Hilir, Wakapolsek Dusun Hilir, Ketua PPK Dusun Hilir, Damang Dusun Hilir, Organisasi Keagamaan, Organisasi Masyarakat, Partai Politik dan Pemilih Pemula.

Tujuan utama sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat tentang pentingnya pengawasan dalam setiap tahapan pemilu, mulai dari tahap kampanye hingga hari pencoblosan.

Ketua Panwascam Dusun Hilir Bapak M. Ridwan, S.P dalam sambutannya menekankan “bahwa peran masyarakat dalam mengawasi jalannya pemilu sangat krusial untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dapat merusak demokrasi. Masyarakat adalah ujung tombak pengawasan pemilu, dengan partisipasi aktif masyarakat, kita dapat memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan jujur, adil, dan transparan”, ujar beliau.

Kemudian, sambutan dari Anggota Bawaslu Kabupaten Barito Selatan Bapak Drs. Suaib, beliau menekankan “pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan pemilu, pengawasan bukan hanya tugas Bawaslu, tetapi juga tugas kita semua sebagai warga negara yang perduli dengan masa depan.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks yang dapat merusak suasana damai dalam proses pemilihan.Sebagai bagian dari upaya pencegahan, Bawaslu juga akan bekerja sama dengan kepolisian dan kejaksaan untuk membentuk Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) guna menangani kasus-kasus pelanggaran pemilu dengan lebih efektif.

Kami juga berkomitmen untuk menindak tegas setiap pelanggaran yang terjadi, baik itu politik uang, kampanye hitam, maupun pelanggaran lainnya,” tambah Drs. Suaib.

Dalam sesi penyampaian materi, beberapa narasumber menjelaskan tentang berbagai aspek pengawasan pemilu. Materi tersebut disampaikan oleh :

  1. Sekretaris Camat Dusun Hilir Bapak Achmad Mutahir, S.AP,. MM
  2. Ketua PPK Kecamatan Dusun Hilir Bapak Sahriyanto, A.Md, Kep
  3. Ketua Panwascam Dusun Hilir Bapak M. Ridwan, S.P

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta sosialisasi diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan narasumber.

Di akhir acara sekaligus penutup, Ketua Panwascam Dusun Hilir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam menciptakan pemilu yang damai dan berintegritas. Dengan adanya pengawasan yang ketat dan partisipasi masyarakat yang maksimal diharapkan Pemilihan Serentak tahun 2024 di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Barito Selatan, dapat berjalan dengan sukses dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar amanah.

Sesi Tanya Jawab Oleh Peserta Sosialisasi.