Tim Konsultan Internasional dan Nasional Melaksanakan Evaluasi Final Proyek IFish di Kabupaten Barito Selatan

KECAMATAN DUSUN HILIR-MENGKATIP- FAO-IFish melaksanakan Evaluasi Final Proyek IFish di Kabupaten Barito Kecamatan Dusun Hilir khususnya di Kelurahan Mengkatip dan Desa Batilap. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Dusun Hilir Mengkatip pada pukul 14.00 WIB. Sabtu (31/08/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Achmad Mutahir (Sekcam Dusun Hilir), Anissa Laurens (Internasional Consultant), Ria Fitriana (Nasional Consultant), Sudarsono (National Project Manager), Tria Handanari (NPC IFish Project), Februanty (Monitoring M&E Export IFish Project ), Damang Dusun Hilir, Mantir Kecamatan Dusun Hilir, Mantir Kelurahan Mengkatip, Mantir Desa Batilap serta Perwakilan Nelayan Laki-laki dan Perempuan Kelurahan Mengkatip dan Desa Batilap.

Sambutan Bapak Achmad Mutahir, S.AP., M.M. (Sekretaris Camat)

Dalam sambutan Achmad Mutahir menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian dan terima kasih juga kepada Bapak/Ibu yang sudah jauh-jauh datang dari Jakarta ke Mengkatip untuk melaksanakan kegiatan Evaluasi Final Proyek IFish yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Maksud dan tujuan kegiatan ini sudah diketahui, karena kami baru mengikuti dan kami sedikit perlu beradaptasi karena kegiatan ini sudah dilaksanakan di tahun 2022 dan kami baru saja bertugas di tahun 2023 kemarin.

Hasil evaluasi apapun yang disampaikan nanti mohon kerja samanya Bapak/Ibu sebagai peserta mohon kerja samanya dengan Tim Evaluasi terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sambutan Ibu Tria Handanari (NPC IFish Project)

Tria Handanari dalam sambutannya mengucapkan terima kasih, penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu yang sudah berkenan hadir di hari sabtu dan terima kasih apresiasi yang sudah diberikan atas kegiatan kita hari ini.

Proyek IFish disetujui untuk dilaksanakan oleh GEF pada bulan Agustus 2016 dengan total anggaran sebesar USD 6,2 juta dari pendanaan GEF. Proyek ini diharapkan dapat berkontribusi pada sasaran Strategi Area Fokus Keanekaragaman Hayati GEF tentang Pengarusutamaan Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Pemanfaatan Berkelanjutan ke dalam Bentang Alam/Bentang Laut dan Sektor Produksi.

Pelaksanaan proyek dimulai pada bulan Juni 2017 dan dijadwalkan berakhir pada bulan September 2024 setelah perpanjangan tanpa biaya dari tanggal akhir semula bulan Juni 2021.

Selama hampir delapan tahun pelaksanaan, IFish telah mendokumentasikan berbagai pencapaian sebagaimana yang dipersyaratkan dalam kerangka hasil. Pengarusutamaan keanekaragaman hayati perairan pedalaman ke dalam kebijakan di tingkat lokal dan nasional untuk meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan dalam mengelola dan memanfaatkan sistem evaluasi keanekaragaman hayati perairan pedalaman telah menjadi pencapaian mendasar IFish.

Sebagai bagian dari sistem pemantauan dan evaluasi serta persyaratan penyelesaian proyek, IFish harus dapat dievaluasi oleh evaluator eksternal untuk memberikan informasi yang objektif mengenai pelaksanaan dan pencapaian proyek.

Oleh karena itu, IFish akan melaksanakan misi evaluasi terminal dengan konsultan internasional dan nasional untuk evaluasi terminal di tingkat lokal dan nasional. Kegiatan ini akan berkontribusi pada output 4.1.2: Tinjauan tengah semester dan evaluasi akhir dilaksanakan dan laporan tersedia.

Interview Evaluasi Final Proyek IFish (Damang dan Mantir)
Interview Evaluasi Final Project IFish (Perwakilan Nelayan)
Interview Evaluasi Final Project IFish (Perwakilan Nelayan Perempuan Mengkatip dan Batilap)