Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir Laksanakan Apel Gabungan Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pencanangan PIN Polio di Wilayah Kecamatan Dusun Hilir

Dunhil – Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir Laksanakan Apel Gabungan di Halaman UPT. Puskesmas Mengkatip, yang di pimpin langsung Oleh Camat Dusun Hilir Bapak Eko Hermansyah, S.STP., M.M. (Senin pagi, 22 Juli 2024).

Berdasarkan Surat dari Camat Dusun Hilir Nomor : 440/373/KESRA/VII/2024 Tentang Dukungan Pemerintah Kelurahan/
Desa dalam Rangka Pelaksanaan PIN
Polio di wilayahnya dan berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Puskesmas Mengkatip terkait pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dalam rangka pemutusan transmisi virus polio, merujuk pada Surat Edaran Menteri Dalam
Negeri Nomor: 400.5.1/2819/SJ Tentang Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Dalam Rangka Penaggulangan Kejadian Luar Biasa Polio. Sebagaimana perihal tersebut di atas, untuk mendukung dan
mengoptimalkan capaian pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio
dengan target sasaran 100% anak di wilayah kerja Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir dari usia 0 – 7 tahun 11 bulan 29 hari tanpa melihat status imunisasi sebelumnya.

Apel Gabungan di Halaman UPT. Puskesmas Mengkatip.

Apel gabungan ini dilakukan sebagai langkah awal dalam menjalankan program tersebut secara maksimal dan efektif guna untuk memberantas Polio di wilayah Kecamatan Dusun Hilir.

Berdasarkan hasil koordinasi Camat Dusun hilir dengan Kepala Puskesmas Mengkatip, pemberian PIN Polio dilaksanakan sejumlah 2 (dua) putaran, dengan jadwal sebagai berikut:

  • Putaran 1/Dosis 1 Tanggal 23 – 29 Juli 2024.
  • Putaran 1/Dosis 1 Sweeping Tanggal 30 Juli – 03 Agustus 2024.
  • Putaran 2/Dosis 2 Tanggal 06 – 12 Agustus.
  • Putaran 2/Dosis 2 Sweeping 13 – 17 Agustus 2024.

Camat Dusun Hilir juga mengatakan pentingnya peran masyarakat dalam mendukung program – program kesehatan seperti posyandu dan PIN polio. Beliau juga menekankan bahwa upaya ini tidak hanya untuk kepentingan individu tetapi juga untuk kebaikan bersama dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, angka kasus penyakit dapat terus menurun dan kesehatan masyarakat Kecamatan Dusun Hilir dapat terjaga dengan baik.

Turut hadir Kepala Upt. Puskesmas Mengkatip, Lurah Mengkatip, Kepala Korwil Dinas Pendidikan Mengkatip beserta staf, Kepala Upt. Dermaga Perhubungan Mengkatip, staf Kecamatan dan Kepala Sekolah.

Foto Bersama di Halaman UPT. Puskesmas Mengkatip.