Bawaslu Barsel Melaksanakan Bimtek Pelatihan Bagi Panwaslu Kecamatan

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP – Badan Pengawasan Pemilihan Umum Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan Bimbingan Teknis Pelatihan Bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan di Aula Hotel Alfiat Jaya Buntok. Sabtu malam, 22 Juni 2024.

Pelaksanaan Bimtek ini dalam Rangka Pelaksanaan Pengawasan Tahapan Penyelenggaraan  Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024, menghadirkan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Barsel, Edy Suharto sebagai narasumber.

” Adapun dukungan dari Pemerintah dalam Pemilihan Umum Pemilihan Kepala Daerah itu ada 2, kalau seandainya kita lihat bahwa dukungan Pemerintah dalam hal ini misalkan didalam best Pilkada berarti ada 3 saja ” kata Edy Suharto.

Harapan kita yang pertama, kita mampu memilih Bupati dan Wakil Bupati, lalu yang kedua hasilnya itu terdokumentasi dengan baik sehingga kita memiliki Bupati dan Wakil Bupati dari hasil pemilihan itu dengan baik dan benar. Setelah itu data tersimpan dengan rapi sehingga bisa dikatakan pelaksanaan kita berjalan dengan baik.

Beliau pun mengharapkan, kalau kita ingin mencapai sasaran kita harus bekerja sama dan memahami apa yang jadi aktifitas pokok kita serta saling  berkoordinasi dalam mengambil keputusan. Sehingga keputusan yang kita ambil itu tidak menjadi permasalahan bagi orang lain, kita ambil satu contoh dan ini juga yang disampaikan oleh pengawas mereka berpikirnya sudah identik. Karena ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rentan rentangnya yang jauh digabungkan menjadi satu sehingga menjadi kerawanan untuk Pemilu, dan nantinya kebanyakan dari masyarakat tidak mau memilih dikarenakan tempatnya yang jauh.

“Dan itu juga merupakan bagian yang harus kita diskusikan dengan mereka, dan berharap mudah-mudahan masalah ini bisa dipecahkan atau diselesaikan,dengan menempatkanTPS di tempat yang tidak jauh sehingga  memunkinkan untuk didatangi oleh masyarakat, “kata Edy.

Beliau mengatakan, untuk penggabungannya tadi sudah mendapakan informasi. Katanya penggabungan sudah dilaksanakan hanya saja belum disosialisasikan, dan tempat TPS masih belum ditetapkan di mana tempat posisi TPS tersebut.

Jadi, kita tidak bisa menyatakan baik buruknya karena kita belum memahami secara keseluruhan posisi TPS nya itu di mana. Tapi setidaknya kita sudah melihat kerawanan Pemilu yang pernah terjadi di tiga Desa di Kecamatan Jenamas.

“itu merupakan angka kerawanan yang memunkinkan terjadi nanti yang dapat mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam memilih, “kata   Edy Suharto.

Turut hadir dalam Acara Bimtek Pelatihan Panwascam, Panitia Pelaksana Bimtek Pelatihan Panwascam, Peserta Bimtek Pelatihan Panwascam Se-Kab. Barito Selatan.