Kegiatan Posyandu Kelurahan Mengkatip di Bulan Juni

Dunhil – Posyandu Kelurahan Mengkatip kembali mengadakan kegiatan rutin mereka. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan ibu – ibu dan balita yang didampingi oleh Kepala Puskesmas Mengkatip, Sekretaris Camat beserta jajaran, Lurah Mengkatip, PKK Kecamatan, PKK Kelurahan, Bidan, ahli Gizi dan Kader Posyandu.

Kegiatan di Posyandu Kelurahan Mengkatip ini dimulai dengan pemeriksaan kesehatan rutin balita dan melakukan penimbangan berat badan, tinggi badan, lingkar lengan dan lingkar kepala yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan mereka secara berkala.

Dalam kegiatan Posyandu hari ini salah satu kader posyandu menyampaikan keluh kesah kepada pihak terkait yaitu Sekretaris Camat Dusun Hilir Bapak Achmad Mutahir, S.AP,. MM dan Lurah Mengkatip Bapak Yong Cifat Desprianto, S.Pd, “bahwa kami kekurangan fasilitas perlengkapan dan kesulitan dalam menemukan tempat yang layak untuk melakukan kegiatan posyandu dengan nyaman dan aman. Kondisi rumah warga yang kecil dan kurang bersih seringkali menjadi tempat tunggu yang tidak ideal bagi kegiatan kesehatan. Tanpa ruang yang memadai, kami merasa sulit untuk menjaga privasi pasien dan memberikan pelayanan dengan standar yang baik. Kami juga melihat kurangnya antusias orangtua balita dalam kegiatan posyandu karena tidak ada lagi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dari Kelurahan. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan salah satu program yang penting dalam posyandu, karena memberikan tambahan gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan balita”.

Kami memahami bahwa sumber daya terbatas adalah salah satu kendala dalam mengelola posyandu, namun kami berharap agar pemerintah dan pihak terkait dapat memberikan perhatian lebih terhadap kebutuhan kami. Dengan memperbaiki akses kami terhadap alat – alat kesehatan, pemberian makanan tambahan (PMT) dan menyediakan fasilitas yang memadai, kami yakin bahwa layanan posyandu di wilayah kami dapat lebih berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kami berharap agar keluhan kami dapat didengarkan dan jadi perhatian serius. Kami juga berharap pemerintah setempat memberikan perhatian dan dukungan dalam mengatasi kendala – kendala yang kami hadapi, terutama kondisi tempat posyandu kami. Dengan demikian kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan maksimal kepada masyarakat.

Kemudian “Bapak Achmad Mutair, S.AP,. MM selain sebagai Sekretaris Camat juga sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) menyampaikan kepada Lurah agar segera mengusulkan permintaan dana pemberdayaan dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2024 agar bisa segera diserap dan disalurkan kepada Posyandu yang ada di Kelurahan Mengkatip.”

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan gizi dan nutrisi. Posyandu Kelurahan Mengkatip terus berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan – kegiatan edukatif dan pelayanan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Semoga Posyandu Kelurahan Mengkatip dapat terus menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi masyarakat Kelurahan Mengkatip dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga mereka.

Foto Bersama Sekretaris Camat Beserta Jajaran, Kepala Puskesmas Mengkatip, Bidan, Ahli Gizi dan Kader Posyandu Mawar Kelurahan Mengkatip.
Suntik Imunisasi di Posyandu Mawar Kelurahan Mengkatip.

Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan, Pengukuran Lingkar Kepala dan Pengukuran Lengan Balita di Posyandu Mawar Kelurahan Mengkatip.
Foto Bersama Sekretaris Camat, Lurah Mengkatip, PKK Kecamatan, PKK Kelurahan, Bidan, kader Posyandu dan Anak – Anak di Posyandu Melati I Kelurahan Mengkatip.

Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan, Pengukuran Lingkar Kepala dan Pengukuran Lengan Balita di Posyandu Melati I Kelurahan Mengkatip.
Foto Bersama di Posyandu Melati II Kelurahan Mengkatip.

Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan, Pengukuran Lingkar Kepala dan Pengukuran Lengan Balita di Posyandu Melati II Kelurahan Mengkatip.