Pelatihan dan Kapasitas Pelaku Teknis Program Percepatan Penurunan Stunting Barito Selatan

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP – Pembukaan Pelatihan dan Kapasitas Pelaku Teknis Program Percepatan Penurunan Stunting Barito Selatan Kolaborasi Adaro Group dan Mitra Kerja Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan Pada Kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas Tahun 2024. Kamis (20/06/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimcam Dusun Hilir, Camat Jenamas, Lurah Mengkatip, Lurah Jenamas, Kepala Puskesmas Mengkatip, Damang Dusun Hilir, Perwakilan PT. Adaro Indonesia, PT. SIS, Yayasan Adaro Bangun Negeri, Ketua Yayasan Medha Parahita Indonesia, Perangkat Desa   Se-Kecamatan Dusun Hilir, Kader Desa Kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas.

Camat Dusun Hilir Eko Hermansyah menyampaikan bahwa kader-kader yang ikut dalam pelatihan ini semoga apa yang disampaikan mengenai materi tentang pelatihan dan cara yang benar dalam penanganan nanti dapat terserap ilmunya dengan baik dan dibuka secara resmi.

Perwakilan dari PT. Adaro Indonesia (Zulfadeli Rahman) dan Group menyampaikan rangkaian dari program stunting Kolaborasi bersama Pemerintah Daerah antara kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas. Kami dari PT. Adaro Indonesia, PT. SIS, Yayasan Adaro Bangun Negeri bekerja sama dalam Penanganan Program Penurunan Stunting Nasional dan dilaksanakan pelatihan ini dilaksanakan  selama 3 (tiga) hari ke depan dan harapannya semoga dengan pelatihan program pelatihan penurunan stunting.

Kader-kader yang telah ditunjuk dari 2 Kecamatan tersebut harapannya semoga kita dapat menuntaskan penurunan stunting dan dapat menurunkan angkanya sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Harapannya juga dengan adanya program ini semoga kita sama-sama menambah informasi, menambah pengalaman, menambah wawasan tentang bagaimana cara penanganan yang tepat pada program stunting.

Seperti yang kita diketahui bahwa dampak dari stunting sangat tidak baik untuk perkembangan anak, dampaknya disamping fisik tidak sesuai dengan harapan juga berdampak pada kecerdasan kognitif terhadap anak kemudian kualitas hidup untuk masa depan pada usia emasnya juga mempengaruhi.

Jadi, dengan adanya pelatihan ini semoga kita bisa mengurangi angka stunting yang mana angkanya cukup tinggi. Saya yakin dengan kerja sama ini kita bisa menurukan angka stunting tersebut dengan signifikan.

“Selamat untuk mengikuti pelatihan ini, semoga dengan pelatihan ini ilmu yang didapat dapat bermanfaatkan dan dapat diterapkan dilapangan” kata Fadeli.

Setelah kegiatan ini dibuka dilanjutkan dengan penandatanganan “Komitmen Dukungan Program Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024”.

Camat Dusun Hilir
Camat Jenamas
Lurah Mengkatip
Lurah Rantau Kujang
Kepala Puskesmas Mengkatip
PT. Adaro Indonesia
PT. SIS
Yayasan Adaro Bangun Negeri

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 20 s/d 22 Juni 2024. Setelah pelatihan ini selesai semua kader akan turun ke lapangan untuk mengisi data baseline seluruh bayi, balita, baduta dan ibu hamil. Setelah pendataan maka akan dilakukan pemantauan, hasil pantauannya atau yang jadi sasaran nanti akan diisi datanya lagi di google form.

Tiap bulan akan dilakukan pendataan dan akan dimasukkan ke google form. Kegiatan ini nanti juga setiap bulan akan melakukan distribusi susu ke desa-desa, mengantarkan ke setiap desa dan nanti akan dilanjutkan oleh kader-kader desa yang memberikan susu tersebut.