Festival Budaya Anyaman ” GEMA BUANA” di Kabupaten Barito Selatan

Rabu, 10 Januari 2024 – Festival budaya anyaman di Kabupaten Barito Selatan kembali digelar Pemerintah Kabupaten Barito Selatan bersama PT. Adaro Indonesia, PT. Saptaindra Sejati, dan PT. BUMA. Untuk tahun ini tema yang diambil yakni “GEMA BUANA” yang bermakna Generasi Muda Berbakat, Budaya Anyaman Hebat, UMKM Bermartabat. Kegiatan ini diikuti oleh 8 Kelurahan/Desa yang ada di Kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas yang diikuti sebanyak 58 kelompok baik dari pengrajin anyaman berbahan rotan, purun, maupun bamban.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pelaksana Devi Ilahi menyampaikan dari tema tersebut terdapat 3 (Tiga) unsur yang didapatkan yaitu unsur pendidikan, unsur budaya, dan unsur ekonomi, sehingga dari ketiga aspek ini diharapkan dapat meningkatkan segala aspek pembangunan baik dari segi ekonomi daerah maupun minat generasi muda tentang budaya anyaman khususnya yang ada di Kabupaten Barito Selatan.

Ibu Yuri Budhi Sujalmi selaku Pimpinan Tim CSR menyampaikan bahwa dengan adanya festival ini dapat menjadi tempat untuk para pengrajin anyaman menampilkan karyanya ke khalayak luas serta dapat menggali potensi anak – anak muda tentang budaya menganyam.

Selanjutnya, dalam sambutannya Pj. Bupati Barito Selatan dalam hal ini disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bapak Rahmad Nuryadin yang juga sekaligus membuka secara resmi acara tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini karena menganyam merupakan warisan budaya bagi masyarakat di Indonesia dan berharap agar tetap terus berkesinambungan sehingga dapat terus berlanjut demi meingkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Barito Selatan. Melalui kegiatan ini, Pemerintah Daerah ingin menunjukkan bahwa budaya anyaman khas Barito Selatan tidak kalah dengan budaya anyaman di daerah lain.

Festival ini tidak hanya sebagai ajang perlombaan tetapi dengan adanya acara ini diharapkan dapat menggali potensi dan minat anak – anak muda terhadap anyaman serta menjadi penghubung tali silaturahmi bagi sesama pengrajin anyaman dan masyarakat yang ada di Kabupaten Barito Selatan.

Selain itu pada kesempatan tersebut pula, telah dilakukan penyerahan peralatan sekolah dari PT. Adaro Indonesia melalui program bantuan CSR untuk anak SD kelas 1 Se Kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas.