KPU Barito Selatan Lantik 30 Anggota PPK Pilkada Tahun 2024

Dunhil – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan, melantik 30  anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 6 Kecamatan Se – Kabupaten Barito Selatan, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan 2024. Pelantikan tersebut bertempat di aula kantor KPU Barito Selatan, Kamis, 16 Mei 2024 .

Semua anggota PPK diharapkan dapat bekerja sama dan membantu KPU Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Pemilihan Gubernur (Pilgup) dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau (Pilbub) Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024,” kata Roslina (Ketua KPU Kabupaten Barito Selatan).

Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy Winarwan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan Edy Purwanto dalam sambutannya mengatakan, PPK untuk Pemilihan Umum Tahun 2024, guna untuk bekerja dan membantu KPU Barito Selatan secara tuntas, berkualitas serta menjaga integritas dan bekerja sebaik-baiknya, jujur dan adil dalam melayani semua yang berkaitan dengan Pelaksanaan Pilkada, baik untuk Pilgub maupun Wagub Provinsi Kalimantan Tengah, Pilbup dan Wabup Kabupaten Barito Selatan, periode 2024 – 2029. Beliau juga mengatakan PPK diharapkan bekerja dengan baik, jujur, adil melayani semuanya, tidak memihak satu pihak, kita sebegai perekat, pengikat kesatuan dan persatuan bangsa.

“Jaga integritas sesuai pakta integritas yang telah ditandatangani,” pesan pj Bupati, imbuhnya.”

Menurut Sekda juga, ketaatan akan kode etik tersebut akan berpengaruh positif pada kualitas penyelenggaraan yang jujur dan adil.

Beliau juga mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten sangat mendukung pelaksanaan Pilkada, baik Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024, untuk itu kita berharap kegiatan Pilkada nanti bisa terlaksana dengan baik, lancar aman dan sukses.

Demikian juga kita berharap, Kepala Daerah yang terpilih nantinya yang berkualitas dan bisa membawa daerah ini kearah yang lebih baik lagi.

Seperti yang kita ketahui Pemerintah Kabupaten sangat mendukung kegiatan Pilkada, dan telah mengalokasikan dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2024 yakni kurang lebih Rp. 50,5 Miliar.

“Dana tersebut terbagi menjadi 4 lembaga terkait, yakni pelaksanaan Pilkada yaitu KPU Barito Selatan, Bawaslu dan untuk pengamanan Pilkada yakni Polres dan Kodim 1012 Buntok,” kata Edy Purwanto.

Dana hibah yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten yang sebesar Rp. 50,5 Miliar tersebut masing – masing mendapatkan anggaran dana, KPU Barito Selatan sebesar Rp. 271,1 Miliar, Bawaslu Barito Selatan sebesar Rp. 13,8 Miliar, Polres Barito Selatan sebesar Rp. 6 Miliar dan Kodim 1012 Buntok sebesar Rp. 3,6 Miliar.

Dana tersebut dicairkan dalam II tahap, dan tahap I sudah dicairkan masing – masing kurang lebih 50%, sisanya diambil nanti pada tahap II, dan permohonan pencairan tahap II sekarang masih dalam proses.

Sementara itu Sua’ib anggota Bawaslu Barito Selatan mengucapkan selamat kepada angota PPK yang dilantik, dan Bawaslu siap mengawali dan membantu KPU dalam pelaksanaan Pilkada dan tahapannya, hal tersebut guna memastikan Pilkada Tahun 2024 bisa  berjalan dan terlaksana dengan baik, aman dan sukses.

Acara Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Komisioner KPU, Kepala Perangkat Daerah, Sekretaris KPU Barsel Yuliane, Camat Dusun Hilir, beserta anggota PPK.

Camat Dusun Hilir, anggota KPU Kab. Barsel (Mulyawan) dan anggota PPK Dusun Hilir.