Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Betang DAD Kabupaten Barito Selatan di Buntok Tandai Semangat Persatuan dan Kebudayaan

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP – Kabupaten Barito Selatan menorehkan sejarah baru dengan dimulainya pembangunan Rumah Betang DAD. Acara peletakan batu pertama yang berlangsung di Jalan Pahlawan Buntok, Kecamatan Dusun Selatan. Sabtu (03/08/2024).

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Betang DAD tersebut dihadiri oleh berbagai Tokoh Penting, termasuk Penjabat Bupati Barito Selatan, Dr. Deddy Winarwan, S.STP., M.Si., Kapolres Barito Selatan, AKBP Asep Bangbang Saputra, S.I.K., Dandim 1012 Buntok, Sekretaris Daerah Edi Purwanto, anggota DPRD, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Buntok, Pengadilan Negeri Buntok, Damang, tokoh agama, tokoh adat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyarakat, awak Media, dan Unsur Forkopimda Kabupaten Barito Selatan.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Barito Selatan menyampaikan harapan besar terhadap pembangunan Rumah Betang DAD ini. “Kita Berharap pembangunan Rumah Betang ini akan menjadi Simbol kesatuan dan Persatuan di Kabupaten Barito Selatan. Setelah selesai dibangun, rumah ini akan difungsikan untuk berbagai Kegiatan keagamaan, Kebudayaan, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi Seluruh masyarakat,” ujar Dr. Deddy Winarwan.

Acara peletakan batu pertama ini juga diiringi dengan Penyerahan bendera secara simbolis kepada unsur Forkopimda, paskibraka, Masyarakat, tokoh agama, Tokoh Adat, Wartawan, Anak-anak sekolah, dan lainnya. Penyerahan bendera ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79.

“Dibulan kemerdekaan ini, kita mengisi dengan berbagai acara yang hikmat, meriah, dan menggembirakan, melibatkan seluruh lapisan masyarakat”.

Selain penyerahan bendera, Berbagai lomba juga diadakan Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, termasuk lomba Olahraga seperti sepak bola, Tenis, bola voli, basket, serta Lomba pidato, mewarnai, dan Baca puisi.

Dengan dimulainya Pembangunan Rumah Betang DAD, Kabupaten Barito Selatan semakin memantapkan langkahnya dalam melestarikan budaya dan memperkuat persatuan masyarakat. Rumah Betang ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat dan menjadi simbol kebanggaan bagi seluruh warga Kabupaten Barito Selatan.