Gelar Rembuk Stunting, Turunkan Angka Stunting Kecamatan Dusun Hilir

KECAMATAN DUSUN HILIR – MENGKATIP – Desa Mahajandau, Mangkatir, Teluk Timbau dan Lehai menggelar rembuk stunting yang diadakan di Aula Desa masing-masing. Jum’at (24/06/2024).

Kegiatan rembuk sunting ini dihadiri oleh Camat Dusun Hilir, Kasi-kasi Kec. Dunhil, Kepala Puskesmas Mengkatip, Kepala Desa, PLD Kader Desa Teluk Timbau, Kader Desa, dan Bidan Desa.

Rembuk stunting bersifat terpusat dan diinstruksikan langsung dari Pemerintah Pusat. “Permasalahan stunting menjadi prioritas Pemerintah dikarenakan masalah ini memengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak, dan lain-lain. Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,”.

Di samping itu, mengingat urgensi persoalan stunting ini, Pemerintah Kecamatan Dusun Hilir meminta kiranya dana stunting dari Dana Desa dapat digunakan oleh Desa untuk membantu seperti pembuatan makanan tambahan (PMT).

Langkah ini diambil Pemerintah Kabupaten melalui Kecamatan masing-masing dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah daerah dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak.

Beberapa program yang diusulkan di antaranya penambahan frekuensi Pemberian Makanan Tambahan (PMT), penambahan fasilitas untuk Posyandu dan sebagainya selain dari Dana Desa hal lainnya untuk membantu seperti penambahan alat ukur dan sebagimana agar segera membuat proposal ditujukan ke perusahaan.

Rembuk Stunting Desa Mahajandau
Rembuk Stunting Desa Mangkatir
Rembuk Stunting Desa Teluk Timbau
Rembuk Stunting Desa Lehai