Program Percepatan Penurunan Stunting “AKU BARSEL”

Pembukaan Sosialisasi Pengolahan Makanan-Berbahan Dasar Ikan, Sayur & Buah  Dalam Rangka Turut Serta Mensukseskan Program Percepatan Penurunan Stunting Di Kabupaten Barito Selatan, dilaksanakan oleh Kelompok Adaro Kuatkan UMKM Barito Selatan (Aku Barsel) 2023 dari Dana CSR PT. Adaro Indonesia, PT. Bukit Makmur Mandiri Utama & PT. Sapta Indra Sejati. Rabu (06/03/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten III Setda Kabupaten Barito Selatan, Tim Aku Barsel 2023, Forkopimcam Dusun Hilir, Ketua PKK Kecamatan, Ketua Posyandu Se-Kecamatan Dusun Hilir.

Dalam sambutan Pj. Bupati Barito Selatan yang mana pada kesempatan ini diwakilkan oleh Asisten III Drs. Mirwansyah, M.A secara khusus Pemerintah Kabupaten Barito Selatan sedang berupaya keras melaksanakan program kegiatan untuk mempercepat penurunan angka stunting. Besar harapan pada tahun-tahun mendatang Barito Selatan sudah terbebas dari stunting. Merespon kegiatan ini, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok Aku Barsel 2023 dengan memanfaatkan dana CSR dari PT. Adaro Indonesia, PT. BUMA dan PT. SIS yang memilki kepedulian sangat besar terhadap penanganan stunting di Kabupaten Barito Selatan yang memang masih memerlukan perhatian serius. Diharapkan melalui kegiatan yang sangat besar manfaatnya ini ibu-ibu semakin terampil dalam mengolah bahan makanan yang bersumber dari lingkungan sekitar sebagai potensi sumber daya alam yang sangat berlimpah, seperti ikan sungai, buah-buahan yang saya yakin sangat berlimpah ketika musim panen, juga sayuran yang tumbuh subur pekarangan rumah atau di kebun sendiri. Juga diharapkan ibu-ibu sekalian lebih memahami kecukupan asupan gizi yang harus dikonsumsi sejak ibu dinyatakan hamil, para batita dan balita pada masa emas pertumbuhan. Saya berharap agar momen ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin oleh ibu-ibu sekalian agar bermanfaat dalam meningkatan keterampilan dalam pengolahan makanan yang berbahan dasar ikan, sayur dan buah sebagai upaya untuk meningkatkan pola hidup sehat sehingga kabupaten barito selatan dapat terbebas dari stunting.

Eko Hermasnyah, S.STP., M.M selaku Camat Dusun Hilir menyampaikan dalam sambutannya ebagaimana kita ketahui bersama, bahwa percepatan penurunan angka stunting merupakan salah satu program prioritas nasional yang harus kita dukung bersama-sama. stunting ini termasuk urusan kesehatan yang esensial dan berdampak jangka panjang bagi generasi masa depan negara dan daerah. maka untuk penanganannya juga perlu melibatkan banyak pihak dan banyak aspek secara berkelanjutan. Pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk lebih serius lebih berkomitmen dalam percepatan penurunan stunting. Juga diharapkan ibu-ibu sekalian  lebih memahami kecukupan asupan gizi yang harus dikonsumsi sejak ibu dinyatakan hamil, para batita dan balita pada masa emas pertumbuhan.